WORKSHOP PERSIAPAN OPERASIONAL RSUP DR. J. LEIMENA AMBON

Tanggal : 29-Nov-2019 | Dilihat : 239 kali
BEKASI -  Berdirinya RSUP dr. J. Leimena tercatat sebagai sejarah dalam perjalanan pembangunan kesehatan bangsa ini, bahwa Kementerian Kesehatan telah membangun infrastruktur kesehatan secara fokus dan serius, dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan yang berkualitas hingga ke pelosok negeri, mendukung Nawa Cita Presiden sebagai wujud Kinerja Kabinet Kerja periode 2015-2019.

RS Vertikal ke-34 yang dipersiapkan untuk menjadi RSUP Rujukan untuk Wilayah Indonesia Bagian Timur dengan layanan unggulan Kedokteran Kemaritiman ini diharapkan dapat memberikan pelayanan secara profesional dan berkualitas terutama untuk wilayah Provinsi Maluku dan Provinsi Maluku Utara serta pulau-pulau disekitarnya. Untuk itu diperlukan dasar yang kuat dalam mengatur jalannya pelayanan rumah sakit ini.

“Dibutuhkan kerjasama dari berbagai pihak termasuk RS UPT Vertikal lainnya dalam rangka membantu mempersiapkan operasional agar RSUP dr. J. Leimena, sebagai aset Negara dengan nilai investasi yang sangat besar, dapat bermanfaat bagi masyarakat”, demikian arahan dari dr. Bambang Wibowo, Sp.OG(K), MARS pada pembukaan Kegiatan Workshop Persiapan Operasional RSUP dr. J. Leimena Ambon di Bekasi (27/11).

Kegiatan yang bertujuan untuk mempersiapkan semua dokumen berupa pedoman, SPO, Clinical Pathway, dll yang diperlukan untuk kelancaran beroperasinya RSUP dr. J. Leimena, diikuti oleh perwakilan dari para pejabat dan pelaksana teknis dari 8 RSUP Vertikal yang telah ditunjuk termasuk perwakilan dari tenaga kesehatan dan non kesehatan yang akan ditempatkan di RSUP dr.J Leimena,  serta peserta dari Kantor Pusat. Seluruh peserta dibagi dalam tiga kelas yaitu Kelas Pelayanan Medik, Kelas Pelayanan Penunjang dan Kelas Administrasi. Setiap kelas diminta untuk menyiapkan dokumen yang berkualitas dan sesuai dengan ketentuan standar untuk akreditasi. Kedelapan RSUP Vertikal tersebut yaitu  RSUP dr. Cipto mangunkusumo, RSUP Fatmawati, RSUP dr. Hasan Sadikin, RSUP dr. Sardjito, RSUP dr. Kariadi, RSUP sanglah, RSUP Prof. dr. R.D. Kandou, RSUP dr. Wahidin Sudirohusodo.

“Saya percaya dengan kerja keras serta komitmen kita semua, maka semua dokumen dapat diselesaikan, sehingga RSUP dr. J. Leimena dapat siap beroperasional pada awal tahun 2020 dan memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan paripurna kepada masyarakat di Provinsi Maluku dan sekitarnya. Terutama untuk layanan unggulan dimana layanan ini masih terbatas jumlahnya, sehingga dapat menolong pasien yang memerlukan layanan tersebut,” harap Bambang.

Direncanakan dalam waktu yang tidak terlalu lama setelah RSUP dr. J. Leimena beroperasional, RS ini  dapat segera dipersiapkan untuk melakukan akreditasi rumah sakit untuk selanjutnya dapat  bekerjasama dengan BPJS. (iwj)

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021- 5222432 atau alamat e-mail: humas.yankes@gmail.com

Sekretariat