STUDI BANDING RSUD CIAWI KE RSUP PERSAHABATAN

Tanggal : 12-Feb-2020 | Dilihat : 60 kali
Jakarta. RSUP Persahabatan menerima kunjungan studi banding dari RSUD Ciawi Kabupaten Bogor pada tanggal 11 Februari 2020 di ruang pertemuan Griya Puspa lantai 2. Acara dibuka oleh dr. Rochman Arif, M.Kes Direktur Umum,SDM dan Pendidikan RSUP Persahabatan dengan memperkenalkan peserta yang hadir dari Bagian Pendidikan dan Pelatihan, Instalasi Humas dan Pemasaran dan Tim Bimbingan Rohani. Dalam sambutannya dr rochman mengenalkan profil RSUP Persahabatan dan mempersilakan untuk melihat pelaksanaan pelayanan  serta dapat mengambil manfaat serta saling berbagi permasalahan yang ada.

Adapun dari RSUD Ciawi Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Ns. Sumiati S.Kep, MARS kepala seksi bidang keperawatan selaku Ketua Tim Studi Banding mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh RSUP Persahabatan dan memperkenalkan dari RSUD Ciawi yang hadir adalah Tim pokja HPK yang terdiri dari 6 anggotanya. RSUD Ciawi merupakan RS kelas B Pendidikan dengan unggulannya adalah pelayanan jantung terpadu. Tujuan melakukan studi banding ke RSUP Persahabatan ingin memperdalam tentang kerohanian dan handling complaint sehingga RSUD Ciawi lebih optimal untuk mengaplikasikannya terutama untuk menghadapi survei akreditasi SNARS 1 pada tanggal 17-18 Februari 2020.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Tim Bimbingan Rohani RSUP Persahabatan yaitu Oon Rohanah, S.Kep, Ners yang menjelaskan tujuan dari dilakukannya bimbingan rohani adalah memberikan pelayanan kesehatan rohani pada pasien dan keluarga dengan upaya menciptakan suasana positif kepada pasien dan anggota keluarga untuk memenuhi hak pasien dan keluarga.Dari Instalasi Humas dan Pemasaran, paparan disampaikan oleh Eryuniyanti, S.Sos Kepala Instalasi Humas dan Pemasaran yang mengatakan bahwa Humas itu dalam menghandling complaint tidak memihak, namun sebagai penengah dan mencari pemecahan masalah untuk dapat diselesaikan dan dicarikan solusi. Dengan pengelolaan pengaduan yang baik akan memberikan dampak yang positif untuk rumah sakit.

Kegiatan studi banding ditutup dengan kunjungan ke Rawat Inap Mawar Bawah untuk mengetahui implementasi kegiatan bimbingan rohani ke pasien dan ke ruang Customer Care Instalasi Humas dan Pemasaran. (Ifa)Studi Banding RSUD Ciawi ke RSUP PersahabatanJakarta. RSUP Persahabatan menerima kunjungan studi banding dari RSUD Ciawi Kabupaten Bogor pada tanggal 11 Februari 2020 di ruang pertemuan Griya Puspa lantai 2. Acara dibuka oleh dr. Rochman Arif, M.Kes Direktur Umum,SDM dan Pendidikan RSUP Persahabatan dengan memperkenalkan peserta yang hadir dari Bagian Pendidikan dan Pelatihan, Instalasi Humas dan Pemasaran dan Tim Bimbingan Rohani. Dalam sambutannya dr rochman mengenalkan profil RSUP Persahabatan dan mempersilakan untuk melihat pelaksanaan pelayanan  serta dapat mengambil manfaat serta saling berbagi permasalahan yang ada.

Adapun dari RSUD Ciawi Kabupaten Bogor yang diwakili oleh Ns. Sumiati S.Kep, MARS kepala seksi bidang keperawatan selaku Ketua Tim Studi Banding mengucapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan oleh RSUP Persahabatan dan memperkenalkan dari RSUD Ciawi yang hadir adalah Tim pokja HPK yang terdiri dari 6 anggotanya. RSUD Ciawi merupakan RS kelas B Pendidikan dengan unggulannya adalah pelayanan jantung terpadu. Tujuan melakukan studi banding ke RSUP Persahabatan ingin memperdalam tentang kerohanian dan handling complaint sehingga RSUD Ciawi lebih optimal untuk mengaplikasikannya terutama untuk menghadapi survei akreditasi SNARS 1 pada tanggal 17-18 Februari 2020.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari Tim Bimbingan Rohani RSUP Persahabatan yaitu Oon Rohanah, S.Kep, Ners yang menjelaskan tujuan dari dilakukannya bimbingan rohani adalah memberikan pelayanan kesehatan rohani pada pasien dan keluarga dengan upaya menciptakan suasana positif kepada pasien dan anggota keluarga untuk memenuhi hak pasien dan keluarga.Dari Instalasi Humas dan Pemasaran, paparan disampaikan oleh Eryuniyanti, S.Sos Kepala Instalasi Humas dan Pemasaran yang mengatakan bahwa Humas itu dalam menghandling complaint tidak memihak, namun sebagai penengah dan mencari pemecahan masalah untuk dapat diselesaikan dan dicarikan solusi. Dengan pengelolaan pengaduan yang baik akan memberikan dampak yang positif untuk rumah sakit.

Kegiatan studi banding ditutup dengan kunjungan ke Rawat Inap Mawar Bawah untuk mengetahui implementasi kegiatan bimbingan rohani ke pasien dan ke ruang Customer Care Instalasi Humas dan Pemasaran. (Ifa)
Sekretariat