KEMENKES DORONG DINKES PROVINSI BENTUK RMC

Tanggal : 06-Jul-2018 | Dilihat : 303 kali

Depok – Salah satu fokus kebijakan Kementerian Kesehatan yaitu penguatan pelayanan kesehatan melalui peningkatan akses dan mutu kesehatan. Guna memastikan masyarakat mendapat pelayanan kesehatan yang bermutu, Regional Maintenance Center (RMC) menjadi solusi bagi fasyankes untuk melakukan pemeliharaan alat kesehatan. 

“Peralatan medis merupakan investasi yang besar di fasilitas pelayanan kesehatan serta memerlukan biaya pemeliharaan. Penting bagi fasilitas pelayanan  kesehatan  memiliki  program pemeliharaan terencana untuk menjaga peralatan medis agar aman, bermutu dan laik pakai. Adanya pemeliharaan peralatan medis diharapkan juga akan memperpanjang usia pakai peralatan medis” ujar Direktur Fasilitas Pelayanan Kesehatan dr. Andi Saguni, MA dalam Pertemuan Peningkatan Peran Dinas Kesehatan Dalam Pembentukan Regional Maintenance Center  (RMC) di Depok, Jawa Barat, Kamis (5/7).

Pertemuan yang dihadiri oleh perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi dan Kabupaten/Kota seluruh Indonesia ini diharapkan dapat mendorong partisipasi Pemda dan Swasta untuk membentuk RMC dan institusi penguji kalibrasi.

“Di dalam Permenkes no 75 tahun 2014 tentang Puskesmas, tidak tercantum tenaga teknis pemeliharaan, oleh sebab itu didorong terbentuknya unit/instalasi RMC di Dinas Kesehatan Provinsi  untuk menangani pemeliharaan alat kesehatan” papar dr. Andi.

Dengan ada RMC ini, diharapkan pemeliharaan alat pada puskesmas dapat lebih tertangani, sehingga pelayanan  ke pasien dapat lebih dipertanggungjawabkan. Ikj/dsy

**Berita ini disiarkan oleh Bagian Hukormas, Sekretariat Direktorat Jenderal pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi melalui nomor telepon : 021-5277734 atau alamat e-mail : humas.yankes@gmail.com